Selasa, 01 Juli 2014

vertikal menyempit bagian bawah






        Awalnya aku sempat pusing juga ngadepin ‘penyakit’ tv ini,di mana kerusakannya adalah gambar tidak bisa linear dan menyempit di bagian bawah sekitar 4cm. Bisa di bilang hampir segala cara aku terapkan,tapi si tv ini tetap bandel dengan penyakitnya tersebut. Mulai dari pengukuran tegangan di blok vertikalnya yang memang gak ada kejanggalan dari awal,semua tegangan 24v dan 12v normal,defleksi pun tak luput dari pemeriksaan. Mereboisasi semua elko,milar,resistor,serta dioda juga sudah aku lakukan,tak terkecuali eeprom pun juga ikut2an aku ganti. Tapi semua nihil bin tiada hasil,tidak ketinggalan juga bertanya ke rekan-rekan seprofesi juga aku lakukan,namun tetap menemui jalan buntu. Sampai akhirnya aku obrak-abrik rumah mbah google dan menemukan satu artikel tentang kasus seperti ini. Tanpa fikir panjang aku pun langsung ke tkp sesui petunjuk yang ada,dan lagi-lagi masih gak mempan juga. Naaahh,dengan berpedoman dari sini lah,perburuan aku lakukan lagi dengan penuh semangat. Sampai akhirnya ketemu juga si biangkerok penyebab errornya gambar. Awal ketemunya si biangkerok adalah pemeriksaan di area ic croma LA76810A. Aku cek satu per satu semua resistor,elko,dan milar di pin 23 (v out),pin 24 ( ram alc filter),pin 25 (vcc horz),pin 26 (H afc filter),dan juga di pin 27 (H out). Dan,,ternyata penyebabnya adalah C403 0,47uf/50v di pin 24 ic croma yang ternyata elkonya udah gak bener. Alhamdulillaah ya Allaah,tv ini normal kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar