Rabu, 28 Oktober 2015

Cara Memasang Digital Echo Pada Amplifier

Cara Memasang Digital Echo Pada Amplifier

Sore gan kali ini saya mau membagi artikel tentang pengalaman saya saja yaitu Cara Memasang Digital Echo Pada Amplifier.

Ok sobat mungkin yang baca artikel ini sudah pandai atau berpengalaman pada dunia elektro kalau mungkin nanti ada kesalahan dalam artikel ini mohon maaf karena saya belum terlalu paham sama elektro. Waktu memasang Digital Echo saya hanya mencoba coba saja karena saya suka karaoke maka muncul ide ingin karaoke di kamar sendiri terus saya tanya kepada teman - teman yang paham tentang elektro terus saya di suruh beli komponen seperti berikut :
  • Preamp Mic
  • Travo 1 Ampere
  • Dioda 1 Ampre 4 biji
  • Elcho 35w 2200 micro
Pada waktu saya belanja ke toko elektro saya bilang mau beli Preamp Mic terus sama penjaganya di ambilin dua rangkaian PCB yang pertama "Preamp Mic" dan yang kedua "Digital Echo" terus petusnya nanyain kenapa tidak pakai digital echo? suaranya yang dihasilkan lebih bagus memang harganya dua kali lipat lebih mahal tapi suranya dijamin lebih bagus untuk harnya Preamp Mic Rp 10.000  kalau Digital Echo Rp 22.000 terus saya mengambil keputusan untuk membeli digital Echo saja karena ada efecknya.

Nah sekarang saat kita merakit power suplynya dahulu tapi sebelum merakit power supply kita pahami dulu komponenya biar bisa membedakan kaki Plus(+) dan Min(-) lihat gambar berikut yang belum paham.

Kemudian rokit power suplynya seperti di bawah ini.


Nah sekarang tinggal pasang digital echonya buat lubang buat potensionya dan setelah saya rakit seperti gambar di atas terus saya coba, alhamdulilah berhasil. Tapi disini saya masih kurang puas karena ada bunyi  dengungnya terus saya coba cek satu persatu komponen dan normal semua terus saya tanya kembali pada teman saya, tapi teman saya tidak tahu akhirnya saya cari - cari group di Facebook terus saya upload rangkaian saya dan ada yang bilang rangkaianya power suply saya kurang bagus karena tegangan yang dihasilkan masih kasar terus memberi saran untuk menambah IC Regulator 7812 seperti di bawah ini.


Jadi sebelum arus  masuk ke rangkaian Digital Echo harus di pasang Ic Regulator 7812 biar tegangan bisa halus dan strabil bunyi dengung itu disebabkan arus listrikya kurang stabil, setelah memasang IC tersebut terus saya coba lagi dan ternyata suaranya sangat bagus dan bunyi dengungnya hilang walaupun volume dibuka tinngi

Nah demikian tadi pengalaman saya dalam memasang Digital Echo Pada Amplifier semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat mencoba salam Sukses

35 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya bank sangat bermanfaat .

    BalasHapus
  2. Bang gmn masang ic nya d bagian mna nya ap dkt elcho nya ap d dioda nya bang trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk arus + dari elco seperti di gambar masuk di in dan tengah buat ground...yg di out langsung sambung ke rangakaian echo yg tengah sambung ke groud

      Hapus
    2. Untuk arus + dari elco seperti di gambar masuk di in dan tengah buat ground...yg di out langsung sambung ke rangakaian echo yg tengah sambung ke groud

      Hapus
  3. Gan Kalau ouput dari digital echonya di sambung kemana?
    terus mic1/mic2 langsung sambung kmna?. Mohon infonya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Output digital echo lngsung disambungkan ke input power ampli, sdangkan mic 1,2 di hubungkan ke konektor jeck mick microphon

      Hapus
  4. gan mau tanya input dr digital echonya langsung mic apa tambahin preamp mic dulu
    saya mau nambahin di speaker aktif nambah echony..
    maksih☺

    BalasHapus
  5. Tutorial yg tidak lengkap,yg bertanya pun tidak ada jawaban

    BalasHapus
  6. untuk input mik bisa di tambah pream mic 1 tr

    BalasHapus
  7. apa bila ada 2 mik pream mik juga harus 2. Jagan lupa di kasih r 21 k tiap aut pream mik mksh

    BalasHapus
  8. bermanfaat, kebetulan saya lagi cari cara pasang rangkaian echo di power ampl mushola

    BalasHapus
  9. Kalooo disambungkann bengung pengaruh dari apa ya apa trafo harus disendirikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pngaturan ground kurang bagus ,supaya tdk bengung sluruh bodi potensio dihbungkan. Trs sma ground arus ct ke trafo

      Hapus
  10. Ad problem d suara dengung nya, tk coba sran ente d brid dioda nya

    BalasHapus
  11. Bos kmarin saya beli BSX-A1 kayak buat karaoke gitu(bisa di liat dulu gambar,ya di google) padahal sudah benar pemasanganya output sambung ke in power sedangkan input langsung dari sumber suara tapi gk bisa
    Disini kit control pake volt 12 ct 12 tlong bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbalik bang, menurut artikel diatas input mic'nya lewat preamp dulu..

      Hapus
  12. permisi mau nanya om..maklum gaptek nih..sy baru beli kit digital echo reverb type SP007 ..sy mamau tanya urutan pemasangan nya gmana ya..setelah amplifier lalu kemana gt.? sedangkan kit yg sy beli gk ada output juga input yg ada hanya power ct 12volt..potensio speed..potensio reverb.dan juga jack SEND (bentuknya kayak jack mic stereo)..dan juga jack RETURN (bentuknya kayak jack mic stero)...gaman pasangnya apa ada yg harus sy beli lagi...mohon solusinya..maklumi juga bahasa inggris sy belepotan..apa itu send apaitu return..makasi mohon pencerahanya

    BalasHapus
  13. Terimakasih informasinya bang,
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. Mas kalo pasang echo yg bnr dari pream mic ke echo dulu apa sebaliknya, kemduian sklh echo dipasang ko timbul denging (bukan dengung) pd saat volume echo dimainkan. Trmksh ats keterangannya

    BalasHapus
  15. urutan yang benar Pream mic ➡ Digital echo ➡ Power

    BalasHapus
  16. Gan mau tanya,tadi saya beli super degitel echo 2 mic terus saya pasang kok gak bias kenapa ya

    BalasHapus
  17. Preamp mic-echo-power. Apa bisa di tambahin master mixer 4pot mas???

    BalasHapus
  18. Saya pake digital echo lf 233..kok suara mic nya kecil banget..apa perlu di tambahi pre amp mic dulu?? Maaf baru belajar bang..

    BalasHapus
  19. Saya beli echo toel merek ranic kok suaranya volume mic di besarkan kok ada suara nges nyagimana solusinya agar ngesnya hilang walaupun volume mic nya besar mohon solusinya tima kacih pekalongan

    BalasHapus
  20. Power+parametric tone kontrol+reverb
    Pertanyaanya bgaimana cara merangkai 4 komponen tsb terima kasih

    BalasHapus
  21. Power+parametric tone kontrol+reverb
    Pertanyaanya bgaimana cara merangkai 4 komponen tsb terima kasih

    BalasHapus
  22. Saya punya tonecontrol yang sudah ada pream,micnya mau pasang ecco pada kit ecco cuma ada in dan out yang saya tanyakan in,out ecco itu yambungnya dimana trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  23. Yang in langsung jek micropon yang out langsung ke mic tone control bang (Slamet )pekalongan

    BalasHapus
  24. Mas minta skemanya dong saya udah pasang kok gak bunyi ya malah musik mati

    BalasHapus
  25. Kalau di kasih 3amp apa gak masalah yaaaa

    BalasHapus
  26. Kak sy beli digital echo mds 618,out ama input ,cara pasang dari tun kontrol,tolong bantu kak

    BalasHapus